- Jangkar-jangkar diatas kapal harus memenuhi persyaratan megenai berat, jumlah dan kekuatannya
- Panjang, berat dan kekuaan rantai jangkar harus cukup
- Rantai jangkar harus diikat dengan baik dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat di lepaskan dari sisi luar bak rantainya.
- Peralatan jangkar termasuk bentuknya, penempatannya dan kekuatannya harus sedemikian rupa hingga jangkar itu dengan cepat dan mudah dilayani
- Harus ada jaminan, agar pada waktu mengeluarkan rantai, dapat menahan tegangan-tegangan dan sentakan-sentakan yang timbul.
- Letak, jumlah dan berat jangkar
- Ukuran dan panjang rantai
- Mekanismenya
A. JANGKAR
1.JENIS JANGKAR
Menurut bentuknya secara garis besar dapat dibagi menjadi dua golongan :
Menurut bentuknya secara garis besar dapat dibagi menjadi dua golongan :
- Yang lengannya tak bergerak tetapi dilengkapi dengan tongkat
- Yang lengannya bergerak tetapi tidak dilengkapi dengan tongkat (stick)
Disamping
pembagian tersebut diatas terdapat jenis-jenis lain tetapi pemakaiannya
amat jarang dan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu dan untuk kapal
khusus Misalnya :
- Jangkar berlengan banyak
- Jangkar special
Kapal-kapal niaga pelayaran besar pada umumnya dilengkapi dengan jangkar-jangkar sebagai berikut :
- 3 (tiga) buah jangkar haluan (satu tidak dipergunakan, hanya sebagai cadangan)
- Sebuah jangkar arus
- Sebuah jangkar cemat
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0t3MJJMGAJ-Sq8DHYk3Sb74h51GUtKMgrYu4JqjqUDZuJoTwfHxs_IKLu44NR5mfKVesXSB_AytbmwzYN4zyPhMJ_Mmmz63yXJIE22VgIzfSDqvXYhN6M7CD0tLn0_xRDVC3YAv2gAVY/s200/anchor.gif)
Jangkar Cemat : adalah jangkar ini ukurannya lebih kecil, beratnya 1/6 kali jangkar haluan. Gunanya untuk memindahkan jangkar haluan apabila kapal kandas (diangkat dengan sekoci).
2. GAYA YANG BEKERJA PADA JANGKAR
Pada waktu kapal berlabuh (membuang jangkar) pada kapal bekerja gaya-gaya sebagai berikut :
Pada waktu kapal berlabuh (membuang jangkar) pada kapal bekerja gaya-gaya sebagai berikut :
- Gaya tekanan angin yang ada pada batas di atas permukaan air, di sini diperhitungkan super structure dan deck house
- Gaya tekanan air pada bagian bawah
- Gaya energi yang ditimbulkan oleh gelombang. System gaya dalam keadaan setimbang bila jumlah gaya luar T yang terdapat pada lubang rantai jangkar C akan sama besarnya dengan gaya tarik dari jangkar A sebesar TO dengan catatan arah TO terletak di bidang horizontal. Keseimbangan tidak akan terjadi kalau rantai di titik A membentuk sudut dengan bidang horizontal.
![JANGKAR KAPAL anchor JANGKAR KAPAL](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyrnBMDaxinUPKmeg2K6QdWl_2lxgPtke0UpUpz-CgsnsgQjz_EQ1cT_Ebivqd_sD1bHl46TUpKvrF29-IoaJlKKndE9vUHuXOXH0GVT2An5B5fgzvmcxZX6LqHSg2H9XXYX2ySzPdAo0/s200/anchor.jpg)
3. UKURAN JANGKAR
Seperti dijelaskan di atas berat jangkar ditentukan oleh peraturan :
Seperti dijelaskan di atas berat jangkar ditentukan oleh peraturan :
a) Dari
peraturan BKI berat jangkar dapat ditentukan dari table 24 dengan
menentukannya angka petunjuk Z terlebih dahulu yang dibedakan menurut
jenis kapalnya :
- Kapal barang, kapal penumpang dan kapal keruk : ==> Z = 0,75 L.B.H + 0,5 (volume ruang bangunan atas dan rumahrumah geladak)
- Kapal Ikan : ==> Z = 0,65 L.B.H + 0,5 (volume ruang bangunan atas dan rumahrumah geladak)
- Kapal tunda : ==> Z = L.B.H + 0,5 (volume ruang bangunan atas dan rumahrumah geladak)
Dengan catatan
- Bila angka petunjuk tersebut ada diantara dua harga table yang berdekatan, maka alat-alat perlengkapan tersebut ditentukan oleh harga yang terbesar.
- Untuk kapal-kapal di mana geladak lambung timbul adalah geladak kedua maka untuk H dapat diambil tinggi sampai geladak kedua tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar